Silahturahmi dengan Bupati Wajo, PSR Perkenalkan Sistem Informasi Desa

PUSATSTUDIRAKYAT.ORG, SENGKANG – Pusat Studi Rakyat (PSR) bersama Kepala Desa Mattirowalie dan Abbanuangnge melakukan Sosialisasi Sistem Informasi Desa dirangkaikan dengan memberikan buku “Sistem Informasi Desa Mattirowalie” kepada Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos, M.Si. Penyerahan buku ini dilakukan di kantor Bupati Wajo, Senin (18/05) sore sekitar pukul 15.00 WITA.

Pembuatan Sistem Informasi Desa (SID) Desa Abbanuangnge merupakan salah satu program kegiatan Prioritas Desa Abbanuangnge di tahun 2020. Kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut merupakan hasil komitmen replikasi program dari Kepala Desa Abbanuangnge di Bursa Inovasi Desa (BID) 2019.

Pelaksanaan Program Pembuatan Sistem Informasi Desa (SID) Desa Abbanuangnge tersebut didampingi oleh salah satu organisasi pemberdayaan masyarakat yang ada di Kabupaten Wajo yaitu Pusat Studi Rakyat (PSR) yang memang dikenal memiliki program-program pemberdayaan desa sejak didirikan 2016 silam.

Meskipun ditengah pandemi wabah virus corona, itu tidak menyurutkan semangat teman-teman di Pusat Studi Rakyat (PSR) untuk Merdesa (slogam yang akrab dipakai teman-teman PSR dalam pendampingan desa). Ini terlihat dari semangat teman-teman untuk tetap melaksanakan tahap demi tahap dari pembuatan Sistem Informasi Desa (SID) Desa Abbanuangnge namun tetap memperhatikan protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Setelah melakukan pembenahan sekretariat kegiatan di Desa Abbanuangnge maka tahapan selanjutnya yaitu tahap Sosisalisasi. Tahapan sosisalisasi ini dilaksanakqn di tingkat Desa, tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten. Pada hari ini, Pusat Studi Rakyat bersama tim pelaksana program yang didampingi langsung oleh Kepala Desa Abbanuangnge melakukan sosialisasi tingkat kecamatan dengan berkunjung langsug ke pemerintah Kecamatan Maniangpajo dalam hal ini Bapak Camat Maniangpajo.

Setelah itu pengurus dan tim bersama Kepala Desa Abbanuangnge lanjut melakukan sosisalisasi di tingkat kabupaten dengan bersilaturrahmi ke Bupati Wajo Bapak Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. Pada pertemuan tersebut, tim yang dikoordinir oleh saudara Amiruddin memaparkan langsung di hadapan Bapak Bupati Wajo dan Kepala Dinas Bapebalitbanda Kabupaten Wajo seperti apa program ini, bagaiamana tahapan program serta apa output dari program ini. Tak lupa juga pada kesempatan tersebut dilakukan demonstrasi langsung di hadapan Bapak Bupati dan Kepala Dinas Bapebalitbanda tentang penggunaan Sistem Informasi Desa ini (SID Desa Mattirowalie). Diakhir sesi pengurus PSR dan Tim meminta kepada Bapak Bupati Wajo untuk memberikan dukungan dalam menyukseskan program ini kedepannya. Salah satunya dalam jangka waktu dekat setidaknya ada regulasi di tingkat daerah yang mengatur tentang Pembuatan Sistem Informasi Desa ini. Sehingga desa-desa di Kabupaten Wajo memiliki dasar yang kuat dalam membuat Sistem Informasi Desanya.

Kegiatan sosialisasi Program Sistem Informasi Desa (SID) Desa Abbanuangnge ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Buku Desa Mattirowalie oleh Kepala Desa Mattirowalie ke Bapak Bupati Wajo yang merupakan hasil dari pembuatan Sistem Informasi Desa (SID) Desa Mattirowalie yang lebih dulu membuat Sistem Informasi Desa sehingga menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Kabupaten Wajo.

Penulis: Amiruddin, S.Pd., Gr.