PSR Membentuk Percetakan untuk GenMuda

Maniangpajo – Pusat Studi Rakyat (PSR) membentuk Percetakan untuk generasi muda di Kelurahan Anabanua, Kecamatan Maniangpajo, Kamis (20/12/2018).

Dewasa ini terdapat kecenderungan bahwa masalah kesejahteraan dan ekonomi sosial semakin berkembang dan semakin kompleks, baik kuantitas maupun kualitas. Seiring dengan kondisi tersebut, kesadaran dan peran serta masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan juga semakin tumbuh dan berkembang.

M. Mursyidin yang akrab disapa Kak Din selaku Ketua PSR mengatakan bahwa PSR dibentuk untuk meningkatkan kapasitas Generasi Muda (GenMuda) dalam rangka penguatan kedaulatan rakyat yang merupakan salah satu cara meningkatan kapasitas GenMuda dengan memberikan keahlian yaitu sablon. Percetakan ini bertujuan untuk mewujudkan kemandirian PSR sehingga outputnya GenMuda dapat mengaplikasikan keahlian yand]g dimiliki untuk menciptakan peluang usaha sendiri.

“Sebagai bentuk peran PSR meningkatkan GenMuda teman-teman di PSR berdiskudi dan bersepakat untuk mendirikan percetakan di Kelurahan Anabanua dan percetakan ini juga diharapkan dapat mewujudkan kemandirian lembaga dan GenMuda,” tegas Kak Din di Sekretariat PSR.

Yusbar selaku Penanggung Jawab mengatakan bahwa di Kabupaten Wajo khususnya Di Kelurahan Anabanua Kecamatan Maniangpajo belum ada yang produksi atau menyediakan jasa Sablon Kaos Digital hanya ada di Kota Sengkang. Dengan melihat peluang usaha tersebut saya dan teman-teman membentuk sebuah kelompok usaha dibidang industri kreatif (Sablon Kaos Digital) yang nantinya akan dikelola secara bersama-sama dan kelompok tersebut diberi nama Kelompok Percetakan PSR beralamat di Jalan Kenanga No. 53 Lingkungan Alausalo Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan. Jika dilihat dari segi dampak lingkungan usaha ini tidak sama sekali menghasilkan limbah yang dapat mencemarkan lingkungan disekitar tempat produksi.

“Saya pikir selain melihat dari segi kemandirian lembaga industri kreatif dalam hal ini percetakan sablon kaos digital sangat berpeluang diperadakan dan tentunya tidak mencemari lingkungan,” ucap Yusbar.

Memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha industri kreatif ini merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru yang sangat menjanjikan, sehingga mengurangi pengangguran.